Tuesday 8 April 2014

Mendulang Uang Lewat Blog

Mendulang Uang Lewat Blog


Pada awalnya, blog tidak ditujukan untuk kepentingan bisnis atau komersial. tetapi
Seiring dengan berjalannya waktu, blog makin popular di kalangan netter. Ujung – ujungnya, banyak pihak yang mulai melihat potensi di balik tren nge-blog. Itulah awal munculnya program-program iklan, seperti google, Adsense dan YPN.
Efeknya tidak hanya sampai di situ. Berbagai profesi pun ternyata bias di mulai dari keseriusan seseorang ngeblog. Yang paling gampang, tentu saja menjadi penulis. Dari beberapa blogger senior, saya mendapatkan informasi bahwa selain apa yang bisa kita dapatkan secara online, ada juga yang bisa kita peroleh secar offline.

Berapa Banyak Uang yang Bisa didapatkan Lewat Blog ?

Seperti juga di dunia nyata, blog yang sukses adalah hasil akumulasi kerja keras, teknik yang benar dan sedikit nasib baik. Semua bergantung pada seberapa besar dan benarnya usaha yang anda lakukan. Sebagai gambaran saja, di dunia ada beberapa yang menembus angka 100.000 dolar. Di Indonesia, yang saya dengar ada yang bisa dapat sampai 5 digit (ex $10.000)per tahunnya. Sebagian besar mendapatkan kisaran 3 digit (ex $100). Hasil ini sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh :

1. Trafik
Jumlah orang yang berkunjung ke blog anda akan mempengaruhi besaran pendapatan Anda. Semakin besar trafik yang berkunjung, semakin besar pula potensi pendapatan blog anda.

2. Sumber Trafik
Apakah trafik kita bersumber dari luar negeri atau Indonesia. Soalnya, kebanyakan program iklan atau affiliate online menginginkan trafik dari luar negeri, terutama Negara-negara barat.

3. Biaya yang anda keluarkan
Semakin banyak anda mengeluarkan biaya, biasanya semakin besar pula hasil yang anda dapatkan. Sebagai contoh , anda yang menggunakan Google adword untuk mendapatkan pengunjung tentunya akan berbeda hasilnya dengan mereka yang sama sekali tidak menggunakan Google adwords. Menggunakan google adword membutuhkan biaya.

4. Topic Blog
Semakin bagus topic yang kita pilih (misalnya, topic yang paling banyak dicari saat ini-- tiket pemakaman Michael Jakson), semakin besar pula potensi pendapatan yang bisa anda dapatkan.

5. Usia Blog
Sebetulnya, umur blog tidaklah terlalu signifikan pengaruhnya. Akan tetapi, secara logika , blog yang sudah lama berlalu lalang di dunia maya tentunya akan lebih dikenal. Dengan demikian, juga meningkatkan kemungkinannya memperoleh pengunjung yang lebih banyak; otomatis juga potensi pendapatan meningkat.

6. Pengelolaan
Intensitas anda mengudate blog anda akan berpengaruh signifikan pada popularitas blog anda. Seandainya anda mengupdate hanya saat-saat tertentu ketika anda ingin saja, lihatlah dampaknya. Semakin sebuah blog rutin di update semakin besar pula pengunjung yang membacanya, dan semakin besar pula potensi pendapatannya.

No comments:

Post a Comment